Tuesday, September 17, 2013

pendidikan politik,pentingkah??

              Pendidikan adalah salah satu bagian yang menentukan budaya politik di suatu negara. Tentunya selain faktor Ekonomi,Supremasi Hukum, dan Reformasi Politik. Namun ternyata dalam hal ini pendidikan mengenai politik sangatlah minim. Faktanya pelajar maupun mahasisiwa sangat minim pengetahuan akan politik.



                 Namun,hal ini semakin diperparah oleh minimnya pembelajaran akan politik. Di sekolah saja pelajaran politik hanyalah bagian kecil. Belum lagi minat pelajar akan politik sangatlah rendah. Nah,hal ini jelas akan sangat mempengaruhi tingkat partisipasi masyarakat dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Bahkan kebanyakan menjadi kaum apatis bahkan skeptis terhadap keadaan.
Sudah sepantasnya hal ini disadari oleh semua pihak. Terutama stakeholder di pemerintahan maupun tempat pendidikan pertama,yakni keluarga.Untuk menciptakan kultur politik yang baik. Hal ini bisa dimulai dari hal kecil. Karena sekarang sudah terlihat miris. Ketika masih di jenjang pendidikan saja. Budaya korupsi,kolusi,nepotisme sudah berjalan. Terutama nepotisme yang sangat kelihatan. Tentunya hal ini terus menjadi kebiasaan sampai menjadi elite politik.
Dari hal inilah kita semua harus melakukan perubahan dan perbaikan. Agar nantinya para penerus bangsa. Calon pemimpin masa depan tidak menganggap biasa saja politik yang "buruk" ini. Mari bersama memberikan pendidikan politik demi Indonesia yang lebih baik.

1 comments: