Wednesday, September 18, 2013

kenakala remaja,salah siapa?

                 Semakin hari kenakalan remaja semakin mengkhawatirkan banyak pihak. Kenakalan pun sekarang semakin banyak variasinya. Tidak hanya sekadar tawuran antar pelajar. Namun, kini banyak jenisnya. Seperti geng motor, balap liar, dan lain sebagainya.



                 Banyak pihak menyalahkan orangtua, ada juga yang menyalahkan peran guru yang tidak maksimal. Namun,sadarkah kita bukan hanya itu yang menjadi penyebab kenakalan remaja? Bukan hanya karena kekurangan perhatian dan kasih sayang dari orangtua. Mental dan minimnya pengetahuan tentang agama semakin memperparah remaja sekarang.
Nah sekarang saya akan mencoba membahas satu-persatu faktor ini:
1.Kurangnya perhatian dan kasih sayang orangtua
 Kesibukan orangtua yang berlebihan dan melupakan peran utamanya sebagai pendidik pertama anak membuat anak kehilangan sosok figur yang harus dicontohnya. Sehingga ia mencoba mencari pelampiasan dan figur yang sesuai dengan keinginan hatinya yang memberontak
2. Mental
 Mental seorang anak yang buruk sebenarnya juga karena kurngnya kasih sayang orangtua. Namun ada faktor lain, yakni rasa keterasingan dan juga susahnya bersosialisasi semakin memperparah kondisinya.
3. Agama
            Minimnya pengetahuan tentang agama,apalagi di sekolah hanya mendapatkan pelajaran dua jam per minggu. Ditambah lagi orangtua pun tidak mampu untuk meng cover hal tersebut. Membuat anak kehilangan jati dirinya. Sehingga menganggap kenakalan hal yang wajar,karena teman yang lain juga melakukannya.
Hal ini tentunya membuat kita miris. Sudah sepantasnya kita sadari hal ini sedari dini,dan semakin memperhatikan anak-anak kita.

0 comments:

Post a Comment