Sunday, May 10, 2015

Siapakah Mesias Juru Selamat Itu?

Artikel ini kami tulis karena perayaan Natal, Tahun Baru Masehi, serta Maulid Nabi Muhammad SAW dilaksanakan berdekatan. Natal dirayakan karena dipercayai sebagai hari kelahiran Yesus Kristus oleh orang yang mengaku beragama Kristen. Tahun Baru Masehi juga termasuk perayaan Umat Kristen. Dan Maulid Nabi Muhammad SAW diperingati sebagai hari lahir Nabi Muhammad SAW. Tentu hal ini sangat menarik. Mengapa? Karena Kristen mengklaim Yesus sebagai juru selamat dan menuhankannya. Dan umat Islam pun mengklaim bahwa Nabi Muhammad sebagai juru selamat. Ya, meskipun jelas Yesus bukan tuhan. Saya tidak akan jelaskan hal itu. Yang ingin saya jelaskan, siapakah sebenarnya mesias juru selamat itu. Yesus atau Muhammad?

Dalam Alkitab (Bible) permasalahan ini telah disebutkan baik dalam perjanjian lama maupun perjanjian baru tentang siapa mesias itu sebenarnya. Untuk lebih adil nanti kita akan lihat apa yang dikatakan Alkitab dan Al-Qur’an.  Dimulai dari apa yang dikatakan Alkitab.

Dalam Matius 22: 41-45 disebutkan
22:41 Ketika orang-orang Farisi sedang berkumpul, Yesus bertanya kepada mereka, kata-Nya: 22:42 "Apakah pendapatmu tentang Mesias? Anak siapakah Dia?" Kata mereka kepada-Nya: "Anak Daud." 22:43 Kata-Nya kepada mereka: "Jika demikian, bagaimanakah Daud oleh pimpinan Roh dapat menyebut Dia Tuannya, ketika ia berkata: 22:44 Tuhan telah berfirman kepada Tuanku: duduklah di sebelah kanan-Ku, sampai musuh-musuh-Mu Kutaruh di bawah kaki-Mu. 22:45 Jadi jika Daud menyebut Dia Tuannya, bagaimana mungkin Ia anaknya pula?"

Dan dalam Markus 12 :35-37 disebutkan
 12:35 Pada suatu kali ketika Yesus mengajar di Bait Allah, Ia berkata: "Bagaimana ahli-ahli Taurat dapat mengatakan, bahwa Mesias adalah anak Daud? 12:36 Daud sendiri oleh pimpinan Roh Kudus berkata: Tuhan telah berfirman kepada Tuanku: duduklah di sebelah kanan-Ku, sampai musuh-musuh-Mu Kutaruh di bawah kaki-Mu. 12:37 Daud sendiri menyebut Dia Tuannya, bagaimana mungkin Ia anaknya pula?" Orang banyak yang besar jumlahnya mendengarkan Dia dengan penuh minat.

            Dari kutipan ayat Alkitab di atas Yesus memberikan syarat bahwa mesias itu adalah tuannya Daud, dan ia bukan keturunan nabi Daud, serta Mesias itu akan menundukkan musuh-musuhnya dengan bantuan Tuhan. Dengan kata lain dia adalah seorang raja yang harus lebih tinggi dari Daud yang mampu mengalahkan lawan-lawannya serta mesias tidak terlahir dari anak-cucu Daud dan Daud harus memanggil iya dengan tuan.

            Lalu, siapakah yang memenuhi syarat yang di atas? Yesus atau Muhammad? Kalaulah Yesus adalah mesias, tentulah Yesus tidak akan menjawab seperti ini. Harusnya ia membenarkan jawaban orang-orang farisi. Namun kenapa Yesus malah membantahnya? Karena ia sendiri tidak mengaku bahwa dirinya mesias.

Mungkin jawaban ini masih belum bisa diterima. Untuk lebih rincinya akan dijabarkan mengapa Yesus bukan mesias itu.


1.      Yesus adalah anak keturunan nabi Daud
Dalam Markus 10: 47-48 disebutkan: Ketika didengarnya, bahwa itu adalah Yesus orang Nazaret, mulailah ia berseru: "Yesus, Anak Daud, kasihanilah aku!" Banyak orang menegurnya supaya ia diam. Namun semakin keras ia berseru: "Anak Daud, kasihanilah aku!"

Dan banyak lagi ayat dalam Alkitab yang menjelaskan hal ini. Satu syarat tidak bisa dipenuhi Yesus.
Inilah silsilah Yesus yang tertulis di Injil Matius.

Silsilah Yesus Kristus

1:1 Inilah silsilah Yesus Kristus, anak Daud, anak Abraham. 1:2 Abraham memperanakkan Ishak, Ishak memperanakkan Yakub, Yakub memperanakkan Yehuda dan saudara-saudaranya, 1:3 Yehuda memperanakkan Peres dan Zerah dari Tamar, Peres memperanakkan Hezron, Hezron memperanakkan Ram, 1:4 Ram memperanakkan Aminadab, Aminadab memperanakkan Nahason, Nahason memperanakkan Salmon, 1:5 Salmon memperanakkan Boas dari Rahab, Boas memperanakkan Obed dari Rut, Obed memperanakkan Isai, 1:6 Isai memperanakkan raja Daud. Daud memperanakkan Salomo dari isteri Uria, 1:7 Salomo memperanakkan Rehabeam, Rehabeam memperanakkan Abia, Abia memperanakkan Asa, 1:8 Asa memperanakkan Yosafat, Yosafat memperanakkan Yoram, Yoram memperanakkan Uzia, 1:9 Uzia memperanakkan Yotam, Yotam memperanakkan Ahas, Ahas memperanakkan Hizkia, 1:10 Hizkia memperanakkan Manasye, Manasye memperanakkan Amon, Amon memperanakkan Yosia, 1:11 Yosia memperanakkan Yekhonya dan saudara-saudaranya pada waktu pembuangan ke Babel. 1:12 Sesudah pembuangan ke Babel, Yekhonya memperanakkan Sealtiel, Sealtiel memperanakkan Zerubabel, 1:13 Zerubabel memperanakkan Abihud, Abihud memperanakkan Elyakim, Elyakim memperanakkan Azor, 1:14 Azor memperanakkan Zadok, Zadok memperanakkan Akhim, Akhim memperanakkan Eliud, 1:15 Eliud memperanakkan Eleazar, Eleazar memperanakkan Matan, Matan memperanakkan Yakub, 1:16 Yakub memperanakkan Yusuf suami Maria, yang melahirkan Yesus yang disebut Kristus. 1:17 Jadi seluruhnya ada: empat belas keturunan dari Abraham sampai Daud, empat belas keturunan dari Daud sampai pembuangan ke Babel, dan empat belas keturunan dari pembuangan ke Babel sampai Kristus.

2.     Yesus bukan raja yang lebih besar dari Daud
Yesus bukanlah seorang raja yang lebih besar dari Daud. Bahkan Yesus bukan seorang raja! Serta Yesus adalah anak keturunan Daud. Manalah mungkin seorang anak-cucu dipanggil tuan oleh kakek atau bapaknya?

           3.     Yesus tidak menaklukkan musuh-musuhnya
Yesus sama sekali tidak ada menaklukkan musuhnya. Malah ia disiksa oleh musuh-musuhnya.
         Nah, kalau begitu Yesus tidak memenuhi persyaratan untuk menjadi Mesias. Persyaratan ini Yesus sendiri yang menyebutkan ini yang harus digaris bawahi. Yesus sudah gagal memenuhi persyaratan. Lalu siapakah mesias itu?

            Lalu bagaimana dengan Muhammad? Apakah dia memenuhi syarat tersebut? Mari kita lihat.





                1.     Muhammad bukan anak keturunan Daud
      Silsilah Nabi Muhammad dari Nabi Ismail AS. Sedangkan sililah Nabi Daud AS dari Nabi Ishaq AS. Berikut silsilah Nabi Muhammad SAW


Silsilah Nabi Muhammad SAW
Muhammad - Abdullah - Abdul Muthalib - Hasyim -  Abdu Manaf - Qushay - Kilab - Murrah - Ka’b - Lu’ay - Ghalib - Fihr (Quraisy) - Malik - An-Nadhr - Kinanah - Khuzaimah - Mudrikah - Ilyas - Mudhar - Nizar - Ma’ad - Adnan - Udad - Hamaisa’ - Salaman - Aush - Bauz - Yadlaf - Thabikh - Jahim - Nahisy - Makhi - Aidh - Abqar - Ubaid - Ad-Da’a - Hamdan - Sinbar - Yatsribi - Yahzan - Yalhan - Ar’awy - Aid - Daisyan - Aishar - Afnad - Aiham - Muqshir - Nahits - Zarih - Sumay - Muzay - Iwadhah - Aram - Qaidar - Isma’il - Ibrahim.

Maka dari uraian di atas tampaklah Nabi Muhammad SAW memenuhi persyaratan pertama.

                   2.     Muhammad adalah seorang raja yang lebih besar dari Daud
Nabi Muhammad SAW adalah seorang kepala Negara sekaligus pemimpin spiritual umat Islam. Kekuasaan Nabi Muhammad begitu luas. Dan nabi Muhammad menjadi pemimpin dari berbagai suku dan bangsa. Sedangkan Nabi Daud AS hanya raja ditengah bani Israil. Maka terlihat Nabi Muhammad SAW lebih besar kekuasaan dan tinggi sebagai raja dan pemimpin. Syarat kedua pun telah dipenuhi Nabi Muhammad SAW.

                   3.     Muhammad mengalahkan musuh-musuhnya
Nabi Muhammad SAW mengalahkan musuh-musuhnya dengan bantuan Allah SWT. Beliau berhasil memenangkan berbagai peperangan baik kecil maupun besar. Syarat ketiga inipun berhasil dipenuhi Nabi Muhammad SAW.

                   4.     Nabi Muhammad disebut Pemimpin para nabi
Nabi Muhammad SAW disebut sebagai sayyidul anbiya (pemimpin para nabi) dan sayyidul mursalin (pemimpin para rasul). Sayyid bisa diartikan tuan. Maka pantaslah Nabi Daud AS memanggil Nabi Muhammad SAW sebagai tuannya. Lagi-lagi syarat di atas telah dipenuhi Nabi Muhammad SAW.

            Hal ini semakin diperkuat dengan perkataan Nabi Daud AS dalam kitab Mazmur 110
110:1 Mazmur Daud. Demikianlah firman TUHAN kepada tuanku : "Duduklah di sebelah kanan-Ku, sampai Kubuat musuh-musuhmu menjadi tumpuan kakimu. " 110:2 Tongkat kekuatanmu akan diulurkan TUHAN dari Sion: memerintahlah di antara musuhmu! 110:3 Pada hari tentaramu bangsamu merelakan diri untuk maju dengan berhiaskan kekudusan; dari kandungan fajar tampil bagimu keremajaanmu seperti embun. 110:4 TUHAN telah bersumpah, dan Ia tidak akan menyesal: "Engkau adalah imam untuk selama-lamanya, menurut Melkisedek. " 110:5 TUHAN ada di sebelah kananmu; Ia meremukkan raja-raja pada hari murka-Nya, 110:6 Ia menghukum bangsa-bangsa, sehingga mayat-mayat bergelimpangan; Ia meremukkan orang-orang yang menjadi kepala di negeri luas. 110:7 Dari sungai di tepi jalan ia minum, oleh sebab itu ia mengangkat kepala.

Maasyaa Allaah, maka kita dapat mengetahui bagaimana dizaman Rasulullah SAW para shahabatnya rela syahid di jalan Allah. Hingga akhirnya musuh-musuh Islam takluk seperti janji Allah dalam kitab Mazmur melalui mulut Nabi Daud AS. Tampak nyata betapa mulianya Nabi Muhammad SAW, yang sudah disebut-sebut dari zaman ke zaman melalui mulut para nabi. Detail dan jelas sekali. Sungguh yang dimaksud sebagai mesias sang juru selamat adalah Nabi Muhammad Shalallaahu ‘alaihi wasallam. Beliau adalah manusia terpuji sepanjang zaman. Sebelum ia dilahirkan dan sesudah beliau wafat. Namanya akan selalu abadi. Hal ini sesuai dengan firman Allah dalam surah Al-Anbiya ayat 107 bahwa beliau diturunkan ke muka bumi adalah rahmat bagi seluruh alam. Bukan bagi satu kaum ataupun bangsa. Namun bagi seluruh alam semesta.

Terakhir saya kutip pernyataan Nabi Isa AS dalam Al-Qur’an surah Ash-Shaaf ayat 6

وَإِذْ قَالَ عِيسَى ابْنُ مَرْيَمَ يَا بَنِي إِسْرَائِيلَ إِنِّي رَسُولُ اللَّهِ إِلَيْكُمْ مُصَدِّقًا لِمَا بَيْنَ يَدَيَّ مِنَ التَّوْرَاةِ وَمُبَشِّرًا بِرَسُولٍ يَأْتِي مِنْ بَعْدِي اسْمُهُ أَحْمَدُ ۖ فَلَمَّا جَاءَهُمْ بِالْبَيِّنَاتِ قَالُوا هَٰذَا سِحْرٌ مُبِينٌ

6. Dan (ingatlah) ketika 'Isa ibnu Maryam berkata: "Hai Bani Israil, sesungguhnya aku adalah utusan Allah kepadamu, membenarkan kitab sebelumku, yaitu Taurat, dan memberi khabar gembira dengan (datangnya) seorang Rasul yang akan datang sesudahku, yang namanya Ahmad (Muhammad)." Maka tatkala rasul itu datang kepada mereka dengan membawa bukti-bukti yang nyata, mereka berkata: "Ini adalah sihir yang nyata."


Maha benar Allah dan Rasul-Nya. Shalawat dan salam kepada Nabi Muhammad Shalallahu ‘alaihi wa sallam. Lalu mengapa kita masih belum yakin? Masih tak mau menjalankan perintah Allah melalui Nabi Muhammad Shalallahu ‘alaihi wasallam. Mengapa kita masih meninggalkan Sunnah nabi? Mengapa kita sangat jarang mengingat nabi Muhammad? Bukankah sudah tampak nyata kemuliaan beliau? Hal ini menjadi bahan renungan bagi kita umat Islam. Dan semoga menjadi pintu hidayah bagi mereka yang masih kafir untuk masuk ke dalam Islam yang penuh cahaya dan rahmat ini.

10 comments:

  1. Markus 9 :

    41. Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya barangsiapa memberi kamu minum secangkir air oleh karena kamu adalah pengikut Kristus, ia tidak akan kehilangan upahnya."

    42. "Barangsiapa menyesatkan salah satu dari anak-anak kecil yang percaya ini, lebih baik baginya jika sebuah batu kilangan diikatkan pada lehernya lalu ia dibuang ke dalam laut.

    43. Dan jika tanganmu menyesatkan engkau, penggallah, karena lebih baik engkau masuk ke dalam hidup dengan tangan kudung dari pada dengan utuh kedua tanganmu dibuang ke dalam neraka, ke dalam api yang tak terpadamkan;

    44. (di tempat itu ulatnya tidak akan mati, dan apinya tidak akan padam.)

    45. Dan jika kakimu menyesatkan engkau, penggallah, karena lebih baik engkau masuk ke dalam hidup dengan timpang, dari pada dengan utuh kedua kakimu dicampakkan ke dalam neraka;

    46. (di tempat itu ulatnya tidak akan mati, dan apinya tidak akan padam.)

    47. Dan jika matamu menyesatkan engkau, cungkillah, karena lebih baik engkau masuk ke dalam Kerajaan Allah dengan bermata satu dari pada dengan bermata dua dicampakkan ke dalam neraka,

    48. di mana ulat-ulat bangkai tidak mati dan api tidak padam.

    49. Karena setiap orang akan digarami dengan api.

    50. Garam memang baik, tetapi jika garam menjadi hambar, dengan apakah kamu mengasinkannya? Hendaklah kamu selalu mempunyai garam dalam dirimu dan selalu hidup berdamai yang seorang dengan yang lain."

    ReplyDelete
  2. Ia berkata kepada mereka: "Inilah perkataanKu, yang telah Kukatakan kepadamu ketika Aku masih bersama-sama dengan kamu, yakni bahwa harus digenapi semua yang ada tertulis tentang Aku dalam kitab Taurat Musa dan kitab nabi-nabi dan kitab Mazmur." Lalu Ia membuka pikiran mereka, sehingga mereka mengerti Kitab Suci. KataNya kepada mereka: "Ada tertulis demikian: Mesias harus menderita dan bangkit dari antara orang mati pada hari yang ketiga, (Luk 24:44-46)

    ReplyDelete
  3. Karena begitu besar kasih Allah akan dunia ini,sehingga Ia telah mengaruniakan Anak-Nya yang tunggal,supaya setiap orang yang percaya kepadaNya tidak binasa,melainkan beroleh hidup yang kekal

    ReplyDelete
  4. Karena begitu besar kasih Allah akan dunia ini,sehingga Ia telah mengaruniakan Anak-Nya yang tunggal,supaya setiap orang yang percaya kepadaNya tidak binasa,melainkan beroleh hidup yang kekal

    ReplyDelete
  5. Menurut alkitab di surga lucifer (iblis) tidak suka dengan mesias. Jadi ada kemungkinan bahwa mesias yang ditunggu sebagai anak manusia tersebut telah diprovokasi oleh Iblis sehingga kaum kristen telah tertipu bahwa Yesus itu Tuhan atau Allah. Memang misi iblis adalah untuk menipu manusia.

    ReplyDelete
  6. dikutip dari https://tonyzsma8smg.wordpress.com/2011/02/04/kitab-allah/amp/
    bahwa Injil adalah kitab yang diturunkan kepda Nabi Isa a.s. bin Maryam. Kitab ini pada intinya berisi ajakan kepada umat Nabi I a.s. untuk hidup dengan zuhud, yaitu menjauhi kerakusan dan ketamakan duniawi. Hal ini dimaksudkan untuk meluruskan pandangan orang-orang Yahudi yang bersifat materialis.

    Kitab injil yang ada sekarang dengan Injil asli yang diturunkan Allah swt. Kepda Nabi Isa a.s. dalam bentuknya yang sekarang ada sejumlah pengikut Nabi Isa a.s. yang memasukkan karangnnya ke dalam kitab Injil. Mereka adalah Matius, markus, Lukas, dan Yahya. Oleh karena itu Injil tersebut dinamakan menurut pengarangnya, Injil Matius, Injil Markus, injil Lukas, dan Injil Yahya.

    Pada mulanya terdapat kurang lebih 70 buah kitab injil. Injil sebanyak itu umumnya membawakan isi yang simpang siur satu sama lain. Ketika diadakan Synodes (muktamar gereja-gereja) di Nicaea pada tahun 325 M. diputuskan hanya empat injil di atas yang diakui gereja. Injil yang tidak diakui gereja disebut Apocrypha, yaitu injil-injil yang tertolak.

    Adapun injil-injil yang dinyatakan tertolak, adalah

    Injil Petrus
    Injil Orang-orang Mesir
    Injil Ibrani
    Injil barnabas
    Injil Thomas
    Injil Dua Belas
    Injil Yakobus
    Injil Yudas Iskoriot
    Injil Andreas
    Injil Bartholomeus
    Injil Maria
    Injil Philip
    Injil Marthias
    Injil Nikodemus
    Injil Apelas
    Injil Ebionea
    Injil Marcion
    Injil Yakobus Kecil
    Diantara kitab Injil yang disebutkan di atas, yang isinya mirip dengan kitab suci Al-Qur’an adalah Injil Barmnabas adapun ajaran injil Barnabas adalah sebagai berikut

    Yesus tidak disalib, yang disalib senenarnya Yudas Iskoriot yang telah diserupakan oleh Tuhan (rupa dan suaranya). Yesus sendiri naik kelangit bersama malaikat.
    Yesus bukan anak Allah, bukan pula Tuhan, tetapi seorang rasul Allah.
    Messias (ratu adil atau juru selamat) atau Al-Masih yang dinanti-nantikan bukanlah Yesus, tetapi Muhammad saw. Nabi dan rasul Allah yang terakhir.
    Putra Ibrahim yang akan disembelih karena perintah Allah ialah Ismaila, bukan Ishaq, seperti yang tersebut dalam perjanjian lama yang ada sekarang. dan lagi pula Turki berhasil menerjemahkan kitab injil barnabas kuno dikutip dari www.google.co.id/amp/s/m.republika.co.id/amp_version/m06z68

    https://www.google.co.id/amp/s/m.republika.co.id/amp_version/m530xu

    ReplyDelete
  7. Yusus tidak seperti musa, tapi muhammad seperti musa. 😊 Gbu all

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahaa satu satunya nabi palsu yg tidak punya mukjizat 😂😂 jangan sama sama kan dg Musa .. beda level jauhhhhh

      Delete
  8. Enyahlah kau iblis!!!!!
    Penipu!!! Sejak kapan Muhamad raja!??? Sejak kapan dia duduk diseblah Tuhan ?? Mimpi yeee...

    ReplyDelete
  9. Esmail anak BUDAK!!!!!
    Mana bisa jadi ahli waris!!!!!????
    Dimana mana anak budak atau gundik itu tinggalnya diluar istana

    ReplyDelete