Monday, February 24, 2014

Kisah 'Ali bin Abi Thalib (1)

Setiap Ujian Ada Waktunya Sendiri


Suatu hari seorang Arab Badui mendatangi 'Ali bin Abi Thalib yang saat itu menjadi khalifah. Dia berkata kepada khalifah 'Ali, "wahai amirul mukminin, saat ini aku sedang menerima ujian dari Allah Ta'ala, oleh karena itu ajarilah aku sesuatu yang bisa bermanfaat bagiku.

Mendengar keluhan orang Arab Badui tersebut, 'Ali pun menjawab, "wahai orang Arab Badui, sesungguhnya pada setiap ujian ada waktu tertentu, dan pada setiap waktu ada batasannya, oleh karena itu, maka hendaklah bagi setiap hamba ketika sedang mendapatkan ujian untuk berusaha sekuat tenaganya sebelum Allah Ta'ala menghilangkan ujian-Nya tersebut. Allah telah berfirman:

وَلَئِنْ سَأَلْتَهُمْ مَنْ خَلَقَ السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضَ لَيَقُولُنَّ اللَّهُ ۚ قُلْ أَفَرَأَيْتُمْ مَا تَدْعُونَ مِنْ دُونِ اللَّهِ إِنْ أَرَادَنِيَ اللَّهُ بِضُرٍّ هَلْ هُنَّ كَاشِفَاتُ ضُرِّهِ أَوْ أَرَادَنِي بِرَحْمَةٍ هَلْ هُنَّ مُمْسِكَاتُ رَحْمَتِهِ ۚ قُلْ حَسْبِيَ اللَّهُ ۖ عَلَيْهِ يَتَوَكَّلُ الْمُتَوَكِّلُونَ
Dan sungguh jika kamu bertanya kepada mereka: "Siapakah yang menciptakan langit dan bumi?", niscaya mereka menjawab: "Allah". Katakanlah: "Maka terangkanlah kepadaku tentang apa yang kamu seru selain Allah, jika Allah hendak mendatangkan kemudharatan kepadaku, apakah berhala-berhalamu itu dapat menghilangkan kemudharatan itu, atau jika Allah hendak memberi rahmat kepadaku, apakah mereka dapat menahan rahmat-Nya?. Katakanlah: "Cukuplah Allah bagiku". Kepada-Nya-lah bertawakkal orang-orang yang berserah diri. (QS 39:38)
lalu ia melanjutkan lagi membaca surah Nuh 10-12:

اسْتَغْفِرُوا رَبَّكُمْ إِنَّهُ كَانَ غَفَّارًا (10) يُرْسِلِ السَّمَاءَ عَلَيْكُمْ مِدْرَارًا (11

 وَيُمْدِدْكُمْ بِأَمْوَالٍ وَبَنِينَ وَيَجْعَلْ لَكُمْ جَنَّاتٍ وَيَجْعَلْ لَكُمْ أَنْهَارًا

" Mohonlah ampun kepada Robbmu, sesungguhnya Dia adalah Maha Pengampun, niscaya Dia akan mengirimkan hujan kepadamu dengan lebat, dan membanyakkan harta dan anak-anakmu, dan mengadakan untukmu kebun-kebun dan mengadakan (pula di dalamnya) untukmusungai-sungai".
mendengar jawaban tersebut, orang Arab Badui segera bergegas pergi meninggalkan beliau. Melihat orang Arab Badui itu hendak pergi, 'Ali karamallahu wajhah melantunkan syair:
"Jika belum ada pertolongan dari Allah kepada seorang pemuda. Maka pertama kali yang bisa menolongnya adalah kesungguhannya."

Subhanallah ya, begitu luar biasa kisah ini. Semoga disaat kita mendapatkan ujian dari Allah akan semakin mendapatkan kita pada-Nya, dan mengingat pesan syair dari shahabat 'Ali karamallahu wajhah ya wahai saudaraku :-)

0 comments:

Post a Comment